Hardware dan Software Komputer
Secara
definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang
saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data
(proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah
kontrol program yang tersimpan di memorinya
.
Di dalam sebuah komputer terdapat perangkat keras dan perangkat lunak.
Perangkat keras adalah peralatan yang berwujud fisik atau peralatan
komputer yang dapat dilihat dan diraba dengan menggunakan indera kita.
Perangkat keras (hardware) yang terdapat dalam sebuah kom puter terdiri
dari beberapa bagian, diantaranya :
A. Input Device (Alat Input)
Adalah
perangkat keras yang digunakan untuk meneruskan informasi dan
perintah-perintah kita pada komputer. Fungsi dari Input Device adalah
memasukkan data dan program dalam komputer, kemudian menerjemahkan
kode-kode yang dikenal oleh media input ke dalam kode-kode yang dikenal
komputer, dan mengirimkan data yang sudah berbentuk bit ke dalam media
penyimpanan data.
Beberapa bentuk fisik dari alat input (alat input);
1. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data
dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter
khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan. Penciptaan keyboard komputer
berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh
Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang ini
adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104
tuts. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port,
yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Fungsi Keyboard adalah :
1) Mengetik dan memasukkan data
2) Membantu membuat tulisan, bentuk gambar dan menghapus kata
3) Menggerakkan pointer ( kursor) pada layar monitor
Bagian-bagian dari Keyboard, yaitu :
1) Tombol fungsi (Function keys)
2) Tombol huruf, angka dan karakter lain ( Type writer)
3) Tombol angka dan tanda baca/operator matematika yang berfungsi sebagai kalkulator (Numeric Keypad)
2. Mouse
Mouse
pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan
kayu. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor
secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak
sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh
bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi
menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula
yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio,
sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak
ditengah.
Tiga
jenis mouse yang telah diproduksi Mouse Mekanise, Mouse Optike, Mouse
Optomekanise. Ketika mouse digerakkan terhadap tegak lurus sumbu
utamanya, roda satunya lagi akan berputar. Setiap roda menggerakkan
resistor variabel (potensioner). Dengan mengukur perubahan-perubahan
dalam resistensi, akan dimungkinkan untuk seberapa banyak roda yang
telah berputar dan dengan demikian dapat menghitung seberapa jauh mouse
telah digerakkan dalam masing-masing arah.
Jenis
mouse kedua adalah Mouse Optik, jenis ini tidak mempunyai roda atau
bola. Mouse ini memiliki sebuh Diode LED (Light Emitting) dan sebuah
fotodetektor pada bagian bawahnya. Mouse Optik ini digunakan diatas
bantalan plastik khusus yang memuat titik rektangular dari garis-garis
yang berspasi rapat. Ketika mouse digerakkan diatas titik, Fotokondektor
merasakan perlintasan-perlintasan garis dengan melihat
perubahan-perubahan dalam jumlah sinar yang dipantulkan kembali ke LED.
Mouse
Ketiga adalah Optomekanise, mouse ini mempunyai roda berputar yang
memutar kedua gagang yang dipasang dengan sudut 900 satu sama
lainnya.Gagang tersebut dihubungkan dengan yang memiliki bilah dimana
melaluinya sinar dapat lewat. Ketika Mouse bergerak, shaft berputar, dan
pulsa-pulsa sinar menerpa detektor bilamana suatu bilah muncul diantara
LED dan detektornya. jumlah pulsa yang terdeteksi sama dengan jumlah
gerakan.
Fungsi Mouse;
a. Menggerakkan/menempatkan pointer
b. Memberikan perintah-perintah pada komputer
c. Mempermudah dalam memberikan persetujuan
d. Mempermudah dalam memilih pilihan (option)
3. Joystick
Pengguna
game akan amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka
melakukan manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard
dan mouse. Terdapat banyak Jenis joystick yang dapat digunakan pada
pada komputer, termasuk dengan jenis khusus yang digunakan untuk game
balap yang dilengkapi dengan roda kemudi dan pedal.
4. Mic
Pengguna
multimedia juga akan dimanjakan dengan fasilitas input ini, karena
dengan tersedianya microphone yang terintegrasi dengan sistem komputer
dapat mempermudah mereka untuk memberikan beberapa sentuhan efek bagi
musik maupun audio.
5. Web Cam
Adalah
sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengambil gambar dan
menampilkannya dalam komputer, gambar dalam hal ini gambar bergerak.
Gambar yang masuk di dalam komputer bisa diolah dan disimpan untuk
kemudian ditampilkan kembali.
6. Kamera Digital
Perangkat
yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat umum, kamera juga termasuk
media input berupa gambar diam. Dengan media input ini kita dapat
mengambil dan mengolah foto.
7. Scanner
adalah
sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi
scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
hasil scanner dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga
kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Terdapat juga scanner untuk mendeteksi LJK (Lembar Jawaban Komputer)
pada Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang
disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.
8. Digitizer
Piranti
masukan yang menggunakan media magentis, alat ini sangat tepatdan
memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas ke
layar komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA .
9. Track ball
Merupakan
perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini miripmouse
yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
B. Proses Device (Alat Proses)
Yakni
alat pengolah dan pemroses data. Pada bagian inilah seluruh data yang
diberikan oleh Input Device diolah dan diteruskan kepada Output Device.
Seluruh kerja komputer amat bergantung pada komponen-komponen pada
bagian ini.
1. CPU ( Central Processing Unit)
Merupakan
otak dari komputer, sering disebut Microprocessor. CPU merupakan
perangkat keras komputer yang merupakan informasi dan melaksanakan
intruksi (perintah) data yang digunakan dalam komputer. Di dalam dunia
dikenal dengan nama Pentium 1, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual
Core, Core 2 Duo, dan lain-lain.
Ada dua bagian utama CPU yaitu :
a. ALU (Aritmathic Logical Unit) berfungsi untuk melakukan semua perhitungan Aritmathic dan Logika.
b. CU
(Control Unit) berfungsi sebagai proses kerja computer, baik proses
kerja di dalam CPU sendiri atau di dalamnya berhubungan dengan input dan
output device. Merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua
perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai
output device.
2. Fungsi dan Tugas CPU
Fungsi dari CPU
a. Memasukkan dan mengambil data
b. Melaksanakan Instruksi-instruksi secara berurutan
c. Sebagai penghubung antara main storage dan input/output device
Tugas CPU
a. Merupakan otak komputer
b. Melakukan operasi logika
c. Melakukan operasi aritmathic
d. Mengontrol kerja sistem
3. Komponen-komponen CPU antara lain;
a. Casing
Casing merupakan bagian yang terlihat dari luar CPU. Casing adalah tempat kita meletakkan semua hardware.
b. Motherboard
Motherboard
biasa disebut mainboard, papan induk atau papan ibu adalah komponen
terbesar yang terdapat dalam sebuah Process Device. Fungsi motherboard
adalah tempat utama untuk memasang peripheral, misal; processor, memori,
sound card dan VGA Card.
c. Processor
Processor merupakan otak komputer. Processor berfungsi untuk memproses semua data yang masuk ke komputer.
d. Memori
1) RAM merupakan memori yang bersifat sementara waktu saja. Apabila komputer dimatikan maka data akan hilang.
2) ROM
merupakan bagian dari main memory yang hanya dapat membaca data saja
(read only). ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem
operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh
sistem komputer, seperti perintah untuk membaca sistem operasi dari
disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan
perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang
meskipun tidak ada aliran listrik.
e. VGA Card
Berfungsi
untuk menghubungkan dan mengolah output berupa data ke monitor agar
dapat ditampilkan oleh monitor. Semakin bagus kualitas VGA maka gambar
yang ditampilkan di monitor akan semakin bagus pula.
f. Sound Card
berfungsi untuk memproses output berupa suara dan musik yang kemudian diteruskan kepada speaker.
g. Power Supply
Power
Supply adalah untuk mengatur dan mengantar listrik ke komponen
–komponen penting di komputer. Power supply bertugas menjaga aliran
listrik agar tetap stabil.
h. USB Port
Adalah
singkatan dari Universal Serial Bus, merupakan suatu teknologi yang
memungkinkan kita menghubungkan alat-alat eksternal dengan komputer.
C. Output Device (Alat Output)
Adalah
peralatan keluaran hasil dari proses data. Perangkat keras komputer
yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi hasil
pengolahan/pemrosesan data kepada pengguna komputer melalui perangkat
keluaran seperti :
1. Monitor
Monitor merupakan perangkat output yang menghasilkan informasi berupa tampilan gambar. Beberapa Jenis Monitor, diantaranya :
a) Monitor Monocrome (warna monitor hanya satu warna bisa orange, hijau maupun putih).
b) Monitor CGA (Color Graphic Adapter), yang memiliki 4 sampai 16 warna.
c) Monitor EGA (Enchanced Graphics Adapter), yang memiliki 16 sampai 64 warna.
d) Monitor VGA (Video Graphics Array), memiliki lebih dari 256 warna.
e) Monitor LCD (Liguid Crystal Display), layarnya terbuat dari sel-sel crystal liquid sehingga ringan dan tipis.
f) Monitor
LED, suatu bentuk penyempurnaan dari jenis monitor LCD yang sudah
mempunyai ketajaman layar dan sudah berbentuk datar yang lebih tipis dan
gambar yang lebih tajam.
2. Printer
Peralatan
keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan dengan kertas
sebagai medianya. Cetakan hasil pengolahan dapat berupa naskah teks,
gambar, table dan grafik dengan berbagai pilihan warna sesuai keinginan
kita.
Berdasarkan cara kerjanya jenis printer dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu;
a. Impact Printer
Jenis printer yang dalamnya menghasilkan suatu huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik/halus.
Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
1) Dot matrix adalah printer yang cetaknya berupa kumpulan titik-titik kecil (persegi) yang membentuk karakter.
2) Daisy wheel adalah printer yang cetakan hurufnya menyerupai mesin ketik
b. Non Impact Printer
Merupakan
jenis printer yang didalamnya menghasilkan suatu huruf, gambar tidak
menggunakan ketukan secara fisik, tetapi dengan menggunakan tinta/toner.
Non Impact Printer dibagi menjadi dua macam, yaitu;
1)
Printer ink jet adalah printer yang mencetak gambar atau karakter
dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
2)
Printer laser adalah printer yang menggunakan sinar laser untuk
mengubah data biner menjadi cetakan. Printer laser bisa mencetak semua
halaman dengan cepat.
3. Plotter
Adalah
media output yang mencetak dalam ukuran yang sangat besar, biasanya
menggunakan media plastik dan kertas. Hasil cetakan biasanya digunakan
untuk baliho, poster, spanduk.
4. Speaker
Speaker
adalah alat keluaran yang dapat menghasilkan atau menampilkan gelombang
suara. Speaker dapat berfungsi baik karena adanya soundcard (kartu
suara) dalam CPU komputer.
MEDIA PENYIMPANAN
Jenis Media penyimpanan:
1. Magnetic
Magnetic Tape
Sequential Access Storage Device (SASD)
Makin jarang digunakan, tapi masih ada dipakai untuk backup.
Magnetic Disk
Floppy disk (diskette)
Media
yang digunakan pada peralatan penyimpan magnetik dilapisi dengan logam
oksida, oksida ini adalah material feromagnetik, yang berarti jika ini
dibiarkan pada bidang yang mengandung magnet secara permanen akan
menjadi magnet
Hard Disk
Penggeraknya
menggunakan motor untuk memutar media pada kecepatan tinggi, dan
pengaksesan informasi menggunakan alat kecil yang dinamakan head
Karakteristik fisik :
· Bisa terdiri dari sebuah piringan disk → floppy disk
· Bisa terdiri dari kumpulan beberapa piringan → harddisk
· Dapat diakses secara langsung/ direct
· Akses dilaksanakan oleh R/W Head yang tersedia pada masing-masing permukaan piringan
· Permukaan setiap piringan dibagi “menjadi track” yang merupakan lingkaran konsentris/ sepusat
· Permukaan tiap cakram terbuat dari bahan besi yang mudah dimagneti
· Setiap track dibagi menjadi sektor-sektor/ blok.
· Sektor/ blok merupakan unit penyimpanan yang dapat dialamati
· No
track yang sama di setiap permukaan piringan apabila “dihubungkan”
secara virtual akan membagi apa yang dikenal sebagai “silinder
2. Optical Disk
Jenis-jenis
Optical Disk - Ada beberapa Jenis Optical disk saat ini, dimulai dari
CD, DVD, Blu Ray, hingga saat ini ada yang terbaru dari optical disk
yaitu FM DISK. Berikut penjelasan jenis-jenis Optical Disk.
a. CD (Compact Disc atau Laser Optic Disc)
CD
merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul. Pembacaan dan
penulisan data pada piringan melalui laser. CD berbentuk lingkaran
dengan diameter 120 mm serta memiliki libang ditengahnya yang
berdiameter 15 mm. kapasitas penyimpanan CD dapat mencapai 870 Mb yang
dapat menyimpan data hingga 99 menit.
Contohnya :
· CD-Rom
(Compact Disk read only memory) adalah jenis piringan optic yang
mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Kapasitas sebuah CD Rom yang
berukuran 4,72 inch dapat menampung hingga 640 Mb atau kira-kira 300.000
halamat text.
· CD-R (CD Recordable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data seperti halnya disket, namun isinya tidak dapat diubah lagi.
· CD-RW
(CD Writetable) merupakan jenis CD yang dapat menyimpan data namun
isinya dapat dihapus dan dapat diganti dengan data yang baru.
2. DVD (Digital Video Disc / Digital Versatile Disc)
DVD
adalah merupakan pengembangan dari CD. DVD memiliki kapasitas yang jauh
lebih besar dari pada CD biasa, yaitu sekitar 4,7 – 17 GB. Kemampuan
DVD dapat dilihat dari jenisnya, yaitu :
· Single-side, single layer kapasitas 4,7 GB
· Double-side, single layer kapasitas 8,5 GB
· Single-sided, double layer kapasitas 9,4 GB
· Double-sided, double layer kapasitas 17 GB
3. Blu Ray
Teknologi
Blu-ray adalah merupakan format disc optic, yang merupakan perkembangan
dari CD dan DVD. Keunggulan dari blu-ray yaitu pada kapasitas
lapisan-sided Blu-ray disc, dimana lebih besar 35 kali dari CD dan lebih
besar lima kali dari DVD. Kapasitas Blu-Ray disc dual layer memiliki
kemampuan menyimpan data sampai dengan 50 Gb per keping.
Selain
itu, spesifikasi Blu-ray dalam kecepatan membaca tiga kali lipat lebih
cepat dibandingkan DVD. Ini mengarah ke video kualitas tinggi dan audio
jernih, Khusus yang penting dalam applikasi HDTV.
Teknologi
Multi-layering telah disesuaikan dengan kemampuan double Blu-ray disc
dalam aplikasi standar, dan ada versi eksperimental ditampilkan sampai
dengan sepuluh kali lipat peningkatan dalam ruang penyimpanan. Manfaat
tambahan Blu-ray player melalui pemutar DVD termasuk Internet
konektivitas untuk men-download subtitles dan update fitur built-in Java
virtual machine.
Blu-ray
disc menggunakan ultra-short dengan panjang gelombang laser 405
nanometer, dimana lebih kecil dari pada DVD yang mencapai 650 nanometer.
Dengan begitu, maka bisa menyorot objek dengan presisi lebih tinggi.
Hasilnya, data bisa diikat dengan lebih ketat dan disimpan di ruang yang
lebih kecil. Inilah yang membuat BD mampu menyimpan lebih banyak data
meskipun ukuran disknya sama dengan CD atau DVD.
Blu-ray
disc juga memiliki lapisan permukaan yang lebih tipis hanya 0,1mm
dibandingkan HD-DVD yang tebalnya 0,6mm. Dengan begitu, laser bisa
menembakkan data dengan lebih fokus. Untuk read atau write, kecepatan
minimal Blu-ray adalah 1x atau sekitar 36Mbps, jauh dari DVD yang
kecepatannya hanya 10Mbps. Dan kabarnya, kecepatan tersebut masih akan
digeber hingga 8x atau 288Mbps.
4. Fluorescent Multilayer DISK(FM DISK)
Fluorescent
Multilayer Disc (FM Disc) adalah jenis optical disk yang mampu
menampung sampai 140 GB data sekaligus, dengan kecepatan baca data
sampai 1 GB per detik.
FM
Disc berbeda dengan kepingan yang beredar saat ini. Warnanya tidak
keperakan atau keemasan, melainkan bening seperti sebuah plastik
transparan biasa.
Multilayer
Salah
satu keistimewaan adalah banyaknya layer yang ada dalam setiap
kepingan. Masing-masing kepingan memang memiliki lebih dari satu layer
atau lapisan. Bahkan lebih dari 10 lapisan sekaligus. Tepatnya adalah 12
lapisan pada FM Disc yang dikembangkan pada tahap awal.
Aplikasi
Banyak
sekali aplikasi yang spat menggunakan teknologi ini. Pertama untuk
menyimpan data hiburan seperti Game, Musik, Film dan tentunya untuk
menyimpan data keperjaan. 1 keping FM Disc bisa menmapung lebih dari 10
film DVD.
Sebagai
ruang Back-up, sangat cocok karena kapasitasnya yang sangat besar.
Dengan FM Disc kekhawatiran rusak-nya media back-up dapat diminalisasi
walaupun tergores lapisan luarnya.
Jenis FMD
Ada tiga jenis FM teknologi yang telah selesai dikembangkan:
1. FM Disc ROM
Ini
adalah jenis pertama yang akan = diperkenalkan. FM Disc ROM nantinya
akan banyak digunakan untuk kepentingan produksi, baik film maupun
pernati lunak. Dengan kapasitas yang besar kualitas film dapat lebih
baik. Karena ini berarti film akan mengalami lebih sedikit proses
kompesi. Sama halnya dengan audio.
Sedangkan
untuk peranti lunak, kehadirannya akan sangat berpengaruh khussnya
untuk peranti lunak seperti game dan peranti lunak pendidikan yang
umumnya membuat banyak informasi.
2. FM Disc WORM (Write Once Read Many)
FM
Disc WORM disebut juga Rewritable FM Disc adalah kepingan yang dapat
diisi sendiri. Kepingan inilah yang nantinya dipergunakan sebagai media
back-up.
Cara
penulisannya hampir sama dengan menulis pada rewritable CD, hanya saja
ada sedikit perbedaan pada penambahan material fluorescent. Ada dua
metode penulisan yang digunakan masing-masing terletak pada perbedaan
penambahan element fluorescent-nya.
Denga
metode pertama atau yang dikenal dengan metode thermal, material
fluorescent diaplikasikan dari awal. Sedangkan pada metode kedua yang
chemical, material fluorescent diaplikasin pada tahap lanjut.
3. FM Card atau Clear Card
FM
Card sebenarnya adalah sebuah FM Disc yang dilapisi bagian luar
berbentuk kartu kecil. Kepingan yang ada didalam Clear Card adalah
kepingan dengan diameter 50 mm, atau 5 cm. Model pertama yang
dikembangkan adalah dengan 20 lapisan data – 10 GB data serta memiliki
densitas recording sebesar 400 Mbytes/cm2.
SOFTWARE KOMPUTER
A. Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat
Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat
program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak
adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses
pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai
pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa
manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer
memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan
selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
B. Jenis-jenis perangkat lunak dan fungsinya.
1. Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer.
Terdapat
2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada
penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User
Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi
berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi
UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi
berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta
sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2. Program Bantu dan Program Tambahan
Program
bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi
kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang
terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program
ini. Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di sistem
jaringan. Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan
yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau stand alone
system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai
(multiuser). Netware, Token R ing dan Lantastic merukan contoh-contoh
program ini.
3. Bahasa Komputer (Computer Language)
Computer
Language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program
komputer. Disebut bahasa karenacomputer language memiliki kosa kata dan
tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam jenis ini adalah :
· Low
Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami
dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini
adalah bahasa mesin assembly language
· High
Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan
kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC,
PASCAL, FORTRAN, dsb.
4. Program Aplikasi
Program
aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan
digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi
ini disiapkan sesuai kebutuhan.
Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
a. Word Processing
Word
Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah.
Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.
b. Desktop Publishing
Merupakan
program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga
siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.
c. Program Speadsheet
Merupakan programprogram yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv.
d. Database Management System
Salah
satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data
dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi.
Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi,
diperlukan program yang disebut dengan program database management
system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja.
Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.
e. Graphics
Salah
satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa
menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau
graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat
membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah
diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.
f. Program Akuntasi
Aplikasi
yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang
berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting,
Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
g. Program Statistik
Program
statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian
yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS,
Statisca.
h. Communication
Communication
merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai
komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.
i. Multimedia
Multimedia
merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan
peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player.
Contoh : Microsoft Video.
j. Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.
k. Antivirus
Antivirus
merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan
virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee
VirusScan, Norton Antivirus, AVG
C. Freeware, Shareware dan Open Source
1. Freeware
adalah
suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang
tanpa membayar. Singkat kata, freeware adalah aplikasi gratis. Namun
meskipun gratis, pada dasarnya pembuatnya memiliki kebijakan tertentu
yang umumnya disertakan ketika anda mendownload freeware tersebut atau
termaktub di situs tempat anda mendownload freeware tersebut. Tentu saja
kebebasan ini bukan berarti kita tidak membayar dan bebas lisensi,
namun anda harus mengikuti apa yang dimau oleh sang pembuat software,
diantaranya tidak menggunakannya untuk kepentingan komersial dan tidak
boleh dimodifikasi dalam bentuk apapun.
2. Open Source
adalah
istilah yang digunakan untuk software yang membuka atau membebaskan
source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain
mengetahui cara kerja software tersebut, sekaligus memperbaiki
kelemahan-kelemahan yang ada pada software. Yang menariknya lagi dan
merupakan satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat
diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi.
Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open
source software yang terkenal yaitu Linux. Mozilla Firefox, WordPress
dan masih banyak lagi.
3. Shareware
adalah
software gratis, dapat di download dan digunakan oleh pengguna. Akan
tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya, jika pengguna
merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering
dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah
software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau feature-feature
tertentu yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir,
software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana
mestinya dan tetap terbatasi.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar